
Cerita Kingdom Hearts Tetsuya Nomura – Franchise game Kingdom Hearts menghadirkan cerita fantasi dimana karakter ikonik dari film animasi Disney dan Final Fantasy hadir dalam satu game. Seiring berjalannya seri ini, game tersebut menghadirkan cerita yang semakin kompleks untuk diikuti oleh Gamer, terlebih para fansnya.
Bahkan saking kompleksnya cerita KH, Director seri game ini sampai membutuhkan Loremaster setiap kali game barunya dibuat. Serius, nih?!

Percaya atau tidak, hal ini diungkap sendiri oleh Tetsuya Nomura selaku Kreator dan juga Director untuk seri game Kingdom Hearts.
Dalam sebuah interview eksklusif Famitsu, Tetsuya Nomura menjelaskan bagaimana seiring seri Kingdom Hearts berjalan, jumlah karakter akan terus meningkat diikuti dengan cerita yang lebih kompleks.
Dia mengambil contoh ketika adaptasi seri anime KH resmi diumumkan beberapa waktu yang lalu, proyek tersebut akan melibatkan banyak orang dari luar sehingga mereka yang terlibat terhadap seri ini menjadi bertambah. Maka dari itu, menjelaskan setting dan skenario seri tersebut setiap kali ada orang baru yang terlibat akan menjadi sulit.
Dengan kondisi tersebut, Nomura merasa beruntung karena ada staf di timnya yang dulu pernah bekerja di ‘χ series’ dalam menyusun dan mengkompilasi dengan rapi setting dari seri-seri lama Kingdom Hearts versi yang lebih mudah dipahami. Selain itu staf tersebut juga bertugas menjelaskan cerita dan setting kepada Disney.

Ternyata staf (kita sebut saja sebagai Loremaster) tersebut semakin memiliki peran penting dalam tim developer, terlebih untuk melakukan cross-check terhadap seluruh cerita seri KH. Bahkan sang Loremaster diminta untuk menyusun seluruh material cerita seri tersebut sejak awal pengembangan Kingdom Hearts IV dimulai.
Dari situ, dia pun resmi bergabung dalam tim developer KHIV sebagai Proofreader yang memiliki tugas dalam melakukan komunikasi terhadap jalannya cerita kepada Disney.

Nomura menjelaskan sang Loremaster sangat populer diantara staf lainnya dalam tim developer KH. Itu karena dia memahami cerita, karakter, dan juga lore yang ada di seri ini. Bahkan dia membuat semacam visual diagram untuk menjelaskan banyak hal dalam seri KH.
Selain itu dia juga aktif dalam mengecek cerita untuk game baru Kingdom Hearts agar tidak ada terjadi ketidaksesuaian terhadap cerita yang sudah pernah ada. Dijelaskan juga bagaimana Loremaster tersebut sangat cocok dalam menjalankan tugasnya, apalagi dia pernah terlibat dalam proyek χ series dimana hal ini akan berperan penting di game baru KHIV nanti.
Itulah informasi mengenai bagaimana cerita KH yang sudah semakin kompleks membuat Tetsuya Nomura dan tim developernya membutuhkan Loremaster untuk cross-check cerita terbaru agar tetap konsisten dengan apa yang sudah ada. Bagaimana menurut kalian dengan informasi ini?
Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Kingdom Hearts atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected].
"Editor dan Veteran Game Gacha di Gamebrott." Ia adalah seorang Gamer yang telah aktif mengamati dan menganalisis perkembangan game gacha selama lebih dari satu dekade sejak tahun 2013, memberikannya pemahaman mendalam tentang tren pasar dan mekanika game berdasarkan pengalaman pribadi. Pengalamannya yang luas terhadap game genre JRPG, memiliki minat yang kuat terhadap game JRPG, bahkan yang sering dianggap underrated, seperti Trails Series. Berfokus pada analisis mendalam mengenai isu-isu yang sedang hangat, tren up-to-date, serta insight mendasar yang menjadi perbincangan utama di komunitas Gamer secara luas.